Pulau Kembang, Pulaunya Para Monyet

Kamis, 08 Juli 2010

Jangan bayangkan kalo di pulau yang berada di tengah-tengah Sungai Barito ini banyak terdapat bunga-bungaan yang berwarna-warni. Pulau ini terkenal karena didalamnya banyak banget terdapat monyet-monyet yang cukup jinak.Mulai dari yang masih bayi sampe monyet yang sdh bau tanah.He..
Untuk menuju kesini cukup mudah kok.Cukup menyewa klotok (perahu kecil bermesin) di sungai-sungai sekitar Banjarmasin.Biaya sewanya cukup variatif.Tapi rata-rata sekitar 100 hingga 150 ribu perak.Udah termasuk kunjungan ke Pasar Terapung Muara Kuin.Karena Pulau Kembang ini gak jauh-jauh amat dari Pasar Terapung itu.Soal durasi sewa,kayaknya cukup lama.

Sesaat sebelum klotok tambat di dermaga Pulau Kembang, puluhan monyet sudah siap siaga mau memasuki klotok.Tujuannya satu: nyari makanan gratis dari para wisatawan. Bagi mereka yang gak terbiasa ama monyet (apalagi cewek), pasti akan berteriak histeris ketakutan.Tapi sebenarnya monyet-monyet itu tidak mencelakai pengunjung.

Tepat diatas dermaga terdapat loket yang diisi oleh petugas yang kayaknya tingkat keprofesionalan kerjanya sangat meragukan.Harga masuknya hanya Rp.3500.Bisa sepuasnya mengelilingi Pulau Kembang.
Tapi sayang fasilitas seperti arena bermain anak sudah berstatus HIDUP SEGAN MATI TAK MAU.

Kondisinya sangat memprihatinkan.Tapi ya sudahlah. Toh daya tarik salah satu destinasi wisata Kalsel ini bukan arena bermain itu, tp para monyet & alamnya yang masih hijau.

Disana terdapat sebuah jembatan dari kayu yang meliuk-liuk kayak ular.Diatas jembatan itulah, saya ama pengunjung lain bisa menikmati alam sambil memberi makan monyet.Jembatan itu akan berujung tepat di sekitar loket masuk.

Tips dari saya :

  • Jangan lalai ama barang bawaan kayak kacamata, topi dll.
  • Kalo emang barang bawaan diambil ama monyet, kasih aja monyetnya makanan pasti barang milik kita itu dikembalikan.Lucu ya??
  • Usahakan hari minggu aja kesini, karena ramai ama pengunjung.Semakin ramai, semakin banyak monyetnya keluar dari dalam hutan.Dan semakin banyak kejadian seru kayak jeritan ketakutan ibu-ibu saat didekati monyet.
  • Bawa uang tunai, karena disana banyak guide local yang akan memandu wisatawan.Tugas mereka memanggil para monyet, menawarkan pengunjung makanan kayak kacang, membantu mengambilkan barang pengunjung yg diambil monyet.Nah gak enak kan kalo gak dikasih duit.Sukarela aja nominalnya.Lima ribu ato 10 ribu.

Pulau Kembang ini masih sangat asri dengan ditumbuhi tanaman khas Kalimantan.Beda banget ama suasana sekitarnya di Sungai Barito yang sibuk ama kapal tanker, depo Pertamina, bongkar muat di Pelabuhan Trisakti, lalu lalang kapal pengangkut batubara, pabrik dll.Itulah resiko yang dihadapi semua kota besar tak terkecuali Banjarmasin.

Nah saatnya bagi anda yang kebetulan ke Banjarmasin berkunjung ke pulau nya para monyet ini.Dijamin seru.

Penulis : Nasrudin Ansori
Sumber : http://kalimantanku.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar