Laguna Sempu

Kamis, 08 Juli 2010

Karena pekerjaan akhirnya bisa juga nech jalan jalan di seputaran kabupaten malang, Tujuan kali ini adalah pantai sendang biru dan pulau sempunya. Pantai ini menurut hasil kajian kita harus ditetapkan sebagai kawasan lindung sampai batas 200 meter dari garis pasang tertinggi.

Secara geografis pantai ini terletak kira kira pada koordinat 686.000 MT dan 9,067.00 MS masuk dalam zona 49S UTM, secara administratif masuk dalam desa Sendang Biru kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten malang atau sekitar 60 km arah selatan kota malang. Secara fisografis pantai sendang biru juga termasuk unik tidak seperti tipikal pantai pantai di sekatan pulau jawa yang cenderung memiliki ombak yang sangat besar.

Ombak di pantai Sendang Biru relatih lebih tenang karena adanya barier alami berupa Pulau Sempu yang menyebabkan sirkulasi gelomambang dan angin yg menuju pantai ini menjadi tereduksi.

Saya berangkat dr malang jam 8 pagi setelah isi perut dkk kira kira jam 10 an lebih sedikit nyampe di pantai sendang biru. Wikks asik juga menyium bau asin laut n pasirnya juga lumayan bersih n indah, kebetulan juga pas kesana hari libur so banyak juga orang yang sedang berlibur ataupun hanya nampang aja di sana sapa tau dapet …. he he he. dan hal itu yang mengganggu saya make me sick coz i hate crowded gak bisa merenung gak bisa nyepi.

Akhire tanpa banyak bicara n tanpa sempat keliling pantai aq nyari sewa perahu tuk jalan2 keliling pantai n menuju sasaran utama P. Sempu. Setelah tawar menawar akhire dapet juga harga 200 rb tuk jalan2 n menuju P. Sempu , mahal juga ya (maklum solar pada naik semua, karena sewa private, kalau rame2 biasanya 40 rb per orang).

Yups akhire nyampe juga di P. Sempu sebuah pulau yg dulu menjadi tempat latihan militer. Pulau sempu merupakan sebuah cagar lam yang dilindungi, terdiri dari beberapa ekosistem, diantaranya adalah vegetasi khas pantai/mangrove, dan hutan khas daerah dataran rendah, serta masih di jupai nya habita kera dan beberapa burung laut, walet, rangkok.

Sasaran utamaku di pulau adalah telaga lele dimana banyak terdapat ikan lele , serta sebuah laguna yang sangat sangat sangat indah sekali (sumpah !!!!!!!) yang disebut segara anakan , laguna ini terbentuk karena adanya sebuah celah di bibir karang di utara pulau yang pada saat pasang air laut akan menggenangi sebuah depresi/cekungan di pulau itu dan membetuk sebuah laguna. perjalanan kesana dari titik start di selatan pulau memakan waktu sekitar 60 menit melewati hutan tanaman perdu dan batuan karang yang telah terlapuk.

Indah sekali, sayang waktu juga yang membatasi kehadiraku disini, but some day aq akan balik untuk merasakan dingin dan sunyi malam di laguna ini. Akhirnya dengan hanya meninggalkan jejak kaki aq kembali lg ke tempat penjemputan kita di sebelah utara pulau ini. Setelah naik perahu sekitar 10 menit nyampai lagi di pantai Sendang Biru n isi perut trus baik ke malang.

i was there !!!

Eh, belum begitu jauh dari pintu masuk ada segerombolan pemuda mabuk yg berdiri di tengah jalan, kayak e lg nunggu seseorang tuk …. yah daripada ribet aq kasih aja duit 10 rb (asem, semprul, juancox) he he he

Penulis : Wahyudi Prabowo
Sumber : samowob
Foto : samowob, Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar